12 November 2009

kejenuhan dalam pelayanan

jenuh. 1 kata yg mungkin pernah dialami oleh seseorang yg sudah terlibat dalam pelayanan utk wkt yg cukup lama.

kenapa bisa jenuh? dr cerita2 n pengalaman yg bisa ak simpulkan.. biasanya krn pelayanan itu tidak lagi menjadi kesukaan tp sudah menjadi sebuah rutinitas, atau bisa jg kebiasaan.. sudah biasa hr minggu pergi pagi pulang sore/malam utk pelayanan.. klo ga gtu ga kyk hr minggu..
tp apa sikap spt benar? tentu tidak.. pelayanan itu bukan sebuah beban yg memberatkan kita.. tp merupakan salah satu bentuk cinta kita sama Tuhan..

ak sdr pernah bbrp kli mengalami jenuh saat pelayanan dan pernah jg berusaha 'kabur' dr pelayanan. tp ternyata ga bisa kabur jg.. selalu kembali lagi. hehe.
gmn cara ngatasinnya? hm.. sbnrnya hanya diri kita yg dpt menjawabnya.. cuma yg mgk bisa ak bagikan ada bbrp hal, semoga bisa memberikan sedikit pencerahan.. :D
pertama, coba renungkan lagi utk apa kita melayani Tuhan.. apakah kita melayani Tuhan sudah atas dasar krn kita mencintai Dia...
kedua, renungkan jg, apakah kita sudah berada pada ladang yg benar yg memang sudah Tuhan tetapkan utk kita.. misalnya.. klo Tuhan sbnrnya ingin menempatkan kita di remaja/pemuda tp selama ini kita terus melayani di skolah minggu.. rasanya bisa dipastikan kita akan cepat jenuh.
ak sendiri, saat ini sudah cukup yakin dgn pelayananku di skolah minggu.. ak pernah tulis di salah satu buku sate ku.. krn suatu hal (ak lupa apa tepatnya), ak jd semakin cinta sama anak2.. jd bener2 pengen mengenalkan Tuhan yg luar biasa itu kpd anak2.. ingin spy anak2 boleh mengenal Tuhan yg benar dgn cara yg benar sedari mrk kecil.. dan kalau sudah melihat anak2 yg masih polos itu sungguh2 berdoa n menyembah Tuhan.. wow.. kadang suka iri jg. mrk bisa dgn gampangnya melakukan hal tsb.. smentara org dewasa rasanya lbh sering terfokus pada masalah..
sekali lagi.. ini tentang ak.. bagaimana dgn Anda? silahkan cari tau sendiri apa yg menjadi bagianmu.. =)

mgk saran di atas ga terlalu byk membantu.. tp yg pasti.. just enjoy ur ministry.. selalu berikan yg terbaik, anggap saja spt itu adalah kesempatan terakhir bagi kita utk bisa melayani Tuhan.. Gbu =)


nb: klo ada yg lg jenuh.. jenuhnya jgn terlalu lama.. ntar keburu ketinggalan. ^^

Tidak ada komentar: