04 Juli 2010

All iz well..

Hari ini benar2 hari yg melelahkan.. secara fisik sih biasa aja seperti hari2 minggu pada umumnya.. tapi secara hati n pikiran... fiuuhh... bener2 cape tingkat tinggi.. tp thx God semuanya sudah baik.
Yang aku mau bagikan di sini adalah beberapa hal yg aku dapatkan dr penyelesaian masalah yg sgt complicated tp puji Tuhan terselesaikan jg dlm 1 hari n smoga memang bener2 selesai setelah ini.

1. keterbukaan adalah awal dr pemulihan
ini motto dah sering bgt d dipakai.. mgk dah pada tau juga.. tp apakah dah mengalaminya sdr? hari ini ak n teman2 mengalaminya sdr. tanpa keterbukaan, yg ada malah nambahin sakit hati.. kasus hr ini (yg mgk akarnya dah ada entah dr thn kapan) bener2 awalnya bikin sedih.. ak n partnerku (yg jg sahabatku) jd terpaksa hrs berantem sama sahabat2 kami yg lain.. adu mulut n bentak2an. hanya karena 1 org. *huff* dan pada akhirnya setelah kami mempertemukan semua pihak dgn moderator pemimpin kami, ditambah adanya keterbukaan dr mereka, seharusnya masalah ini dah beres. setidaknya smua dah lega, ga dipendam lagi. emank ak tak tau bgmn tanggapan dr pihak yg 1 nya, tp setidaknya ak percaya dr pihak teman2ku sudah menyelesaikan semuanya..
so, klo ada sesuatu yg mengganjal di hati lebih baik langsung diungkapkan d.. tp pake hikmat jg bgmn menyampaikannya.. drpd di simpan terus, bikin sakit sendiri..
2. jangan pernah samakan org lain dgn diri kita sendiri
ini juga penting bgt. kadang kita suka menyamakan org lain dgn diri kita sendiri.. masalah mgk sama, tp penyelesaian bisa beda. dan ini berkaitan dgn karakter setiap org. jgn pernah berpikir klo kita bisa melakukan A, otomatis teman kita atau siapapun pasti bisa melakukan A itu jg..
3. jangan pernah menebak2 apa yg akan tjd atau apa yg dipikirkan org lain sesuai dgn pemikiran kita
kita bukan paranormal atau dukun atau apapun yg ktnya bisa membaca pikiran org. malah ak yakin mrk2 itu jg ga bisa baca pikiran org. so, jgn pernah berkata "sy pikir dia ....."
heeyy... jgn pernah mengira2 seperti itu.. drpd gtu lbh baik dipastikan. kita berpikir A ttg sesuatu, belum tentu org lain memikirkan A jg ttg sesuatu itu....
so, lebih baik pastikan itu dulu baru lanjutkan yg lain!
4. hendaklah saling mendahului dalam memberi hormat
terkadang ada org yg berpikir "dia ga nyapa g duluan, g jg ga akan nyapa dia".. hm, biasanya sih akan tjd spt itu klo lg saling kesal y.. tp kadang ada jg org yg emank terlalu cuek utk menyapa org lain terlebih dahulu.. jd yg paling bener adalah sapa lah org lain duluan.. ga peduli dia mo nyapa ato ngga. ga peduli jg apa jabatan dia.. di Alkitab aja sampe di bilang "hendaklah kamu saling mendahului dlm memberi hormat". lagian ya, klo dipikir.. apa susahnya sih negor org duluan? klo bukan kita yg mulai, siapa lagi?
5. menjadi pemimpin yg bijaksana
ini bener2 hal yg sangat susah sekali.. cakupannya sgt luas sih.. tp yg mo ak bagikan adalah apa yg aku alami sbg seorg pemimpin sekaligus teman dr salah 1 pihak yg sedang bertikai (bahasanya keren amat y). dr sisi teman2 akan bilang.. "lu ga tau sih bla bla bla.." "ktnya mau beresin tp mana?!?!" di sisi yg satunya mgk ga bilang langsung tp akan ngerasa "lu pasti belain mrk d, mrk kan temen2 lu.."
pernah ada di posisi spt itu? saia pernah. n itu sgt tidak enak sekali. sudah berusaha senetral apapun, pasti ada aja yg bs jd bahan omongan.. n itu bikin posisi yg serba salah. bener2 situasi yg sangat tidak enak. tp thx God kami bisa melewati itu.

mgk 5 point di atas itu yg ak ingat dr penyelesaian masalah hr ini. thx God saat ini smua sudah beres n smoga benar2 beres.
1 hal yg pasti.. yg mgk perlu diingat.. sepandai2nya kita menutupi suatu permasalahan atau keburukan, suatu saat Tuhan pasti akan bukakan itu semua pada saat yg tepat.
dan spt yg td pemimpin kami katakan.. hari ini ada pasti bukan kebetulan. hari ini ada karena Tuhan masih sayang sama kami, Tuhan masih ingetin kami utk ga terfokus sama permasalahan yg 'kecil' dan melupakan esensi dr pelayanan yg sesungguhnya.
dan yg pasti lagi.. jgn sampai permasalahan2 yg 'kecil' tersebut membuat kita ga diangkat saat Tuhan datang yg ke-2 kali... ingaatt!!! Tuhan Yesus datang segera! jgn sampe kita didapati tidak berkenan hanya krn masalah2 kecil.. =)


nb: thx utk Mr. D yg sengaja datang utk beresin masalah ini... =)

Tidak ada komentar: