18 Februari 2008

lewati 'batasan' itu...

sptnya hr ini ada bbrp hal yg aku dapat pada saat dan setelah selesai pelayanan.
td pas pertemuan k'chris (pemimpinku) sharing, cerita ttg kasus yg dialami seorang anak skolah minggu.

ada seorang anak yg namanya febrian (11 bln) yg sakit gagal ginjal akut. 
hm, kmaren lusa ak dpt sms ttg ini cuma mikir.. kok bisa ya anak sekecil itu kena penyakit yg ga biasa (utk anak kecil) spt itu..
k'chris cerita ttg apa yg dia dan seorang pengerja ibadah umum lakukan untuk anak tersebut.
sebagai catatan, ternyata keadaan ortu anak ini sudah berpisah. ayahnya pergi ninggalin ibu dan anaknya ini.. jd skrg mrk dibiayain oleh papanya ibu anak ini..
dan yg membuatku cukup sedih dengernya.. ternyata opa yg selama ini membiayai, dgn santainya bilang klo anak itu ga bisa bertahan jg gpp. istilahnya, klo anak ini meninggal pun gpp. salah satu alasannya ya klo emank anak ini terus hidup, sapa yg mo bayarin cuci darahnya.. krn klo dilihat memang mrk bukan dr kluarga yg cukup mampu.
nah, untuk kasus anak ini, aku jg mo minta temen2 yg baca blog ini dukung DOA jg ya.. biar yg terbaik yg sesuai rencana Tuhan terjadi atas febrian. biar kemuliaan Tuhan dinyatakan.

ok, balik lagi.. jd k'chris dan seorang pengerja terus ngotot ingin anak itu ga meninggal begtu saja. mrk akhirnya cari profesor2 yg bisa nangani gagal ginjal, cuci darah, khususnya utk yg anak2. intinya, klo emank febrian bisa sembuh total, segala cara akan dicari. tapi klo profesor2 tsb dah bilang ga bisa apa2, biar Tuhan yg menyatakan mujizatNya ato memanggil anak ini.. yg terbaik lah..

di sharing ini, k'chris cerita ttg 3 org yg berani menembus 'batas' yg ada. dan itu yg harus kita lakukan jg..
membuat batas utk diri sendiri itu bagus, tp lbh bagus lg jika utk kasus tertentu, kita bisa melewati batas yg ada.
berikut contoh dr masing2 org yg k'chris cerita...
pertama, ttg pengerja ibadah raya yg bener2 punya belas kasihan utk febrian. di greja, utk masalah keuangan sangat ketat. ya mgk memang krn gereja yg sudah besar, jd bener2 hrs teratur dunk.. jd utk permintaan dana diakonia pun pasti ada batasannya. tp apa yg dilakukan org ini? dia ga menyerah pada batasan tersebut. dia ga pasrah begtu saja. dia akan memperjuangkan terus spy anak ini ga meninggal. akhirnya k'chris jg bantu cari profesor2 yg mgk bisa menanganinya.
kedua, ttg salah 1 profesor yg sudah k'chris temui. k'chris ceritakan ttg febrian, dan ternyata prof ini mau membantu, bahkan beliau bilang klo memang beliau yg pada akhirnya menangani anak ini, beliau yg akan urus semuanya sampai beres. dia ga akan kenakan biaya utk operasi anak ini. (hm, klo ga salah sih spt itu.. klo salah, klo ada yg ingat tolong di ralat ya). wow. jaman skrg msh ada jg org yg spt itu.. istilahnya.. dokter kerja di rumah sakit dan RS punya batasan2 tersendiri. tp utk kasus ini, prof ini ga menyerah begtu saja pada batasan yg diberikan oleh RS. 
ketiga, prof jg, tp prof yg berbeda dr yg kedua. tp intinya ga jauh beda. prof ini mau nangani anak ini dan biaya administrasi dibebaskan. dan beliau jg memberikan surat rekomendasi utk prof yg memang ahli bagian ginjal anak utk menanganinya. spt yg td ak bilang, stp RS pasti punya prosedur2 tersendiri, termasuk ttg perpindahan pasien dr RS lain. jd tu prof yg direkomendasiin ini ada di RSCM dan k'chris dah hub RSCM, ga dpt kamar. akhirnya prof ke-2 td ga menyerah gtu aja. beliau  langsung buat surat rekomendasi utk diberikan ke prof yg dituju, supaya anak tersebut jg bisa langsung dirawat. 
coba gmn jdnya klo ke-2 prof tsb membatasi diri mrk hanya pada prosedur2 yg dah ditetapkan? mgk sampe kpn pun ga akan ada usaha yg lbh jauh yg bisa dilakukan utk febrian. mgk saja febrian akan meninggal begtu saja.. 
tp krn ada org2 yg mo menembus 'batasan2' itu, masih ada harapan utk seorang anak yg sedang berjuang menghadapi penyakit gagal ginjal.

ok, itu utk kasus febrian. sama aja dgn kejadian2 yg tjd di kehidupan sehari2. klo kita hanya berpatok, membatasi diri pada aturan2, batasan2 yg ada, sampai kapan pun kita akan begitu2 saja. kita ga akan punya kesadaran utk melakukan sesuatu yg diluar dr batasan itu mskp mgk hal tersebut adalah sesuatu yg harus/penting untuk dilakukan.
membuat batasan itu bagus, supaya kita ada acuan jg.. standar spt apa yg hrs kita ikuti.. akan tetapi jgn sampai batasan2 itu membatasi kita shg kita ga bisa melakukan sesuatu yg lbh besar yg seharusnya bisa kita capai kalau kita berani melewati batasan2 itu.


nb: maap kalo jd bingung bacanya n jd ga ngerti, krn ak jg bingung gmn menyampaikannya. hehehe.. :p  

Tidak ada komentar: