16 April 2012

Jerusalem - Holyland Trip (part 05)

Okeh. Harusnya ini beneran jadi part terakhir dari cerita di Tanah Perjanjian karena memang sudah sampai pada hari terakhir sebelum pulang. hehehe. Nah hari terakhir ini, hujan seharian.. dan anginnya juga cukup kencang. bisa dibilang malah udaranya jauh lbh dingin drpd saat ke Mt. Hermon..

Pertama2, sambil hujan2, mengunjungi St. Anna Church. Ini katanya gereja yg dibangun di atas goa tempa bunda maria dan ibunya tinggal, dan gereja ini gereja dari zaman perang salib.

Nah di dekat situ juga (klo ga salah ingat sih 1 daerah sama St. Anna Church), ada kolam Bethesda (Yoh 5:1-12). Letak kolam ini adalah di dekat Gerbang Domba. Di gerbang domba ini dulunya ada pasar domba, tempat jual domba untuk persembahan di bait suci. Sebelumnya, domba2 itu dibersihkan dulu di kolam bethesda.

Setelah dari situ, ada bbrp gereja yg dikunjungi. err.. agak lupa jg sih ya yg mana aja. tp yg pasti ke Taman Gethsemani (gath: pemerasan, semane: minyak). di sana terdapat pohon zaitun yg sudah berumur ribuan tahun. Nah trus agak lupa juga ni, kalau ga salah di kompleks itu juga sih.. ada Gereja Agoni (gereja sengsara). ni gereja asli agak menyeramkan.. dalamnya gelaaapp.. kalau ga salah ini tempat Tuhan Yesus berdoa sebelum akhirnya ditangkap. Gereja ini tepat berada di dpnnya Golden Gate (salah satu gerbang tembok Yerusalem yg tidak dibuka).

Dari sana ke St.Peter Gallicantum, gereja ayam berkokok. Ini tempat dimana Petrus menyangkal Yesus. dan di bawah gereja itu, ada penjara tempat Yesus dipenjarakan di rumah Pilatus (kalau tidak salah - hrs liat ceritanya lg di alkitab dulu. hehe). Penjaranya ga terlalu besar, dan lebih mirip seperti sumur, jadi tidak ada pintu keluar masuknya, hanya ada 1 lubang di atas. Saat ini sih akses ke bawahnya sudah dibuat tangga turun dan ada cukup banyak lampu utk menerangi.. tapi.. ga kebayang jaman Yesus dipenjarakan di situ dulu.. benar2 dimasukkin ke dalam penjara itu dgn diturunkan dr lobang, trus di bawah ga ada ventilasi jg, dan yg pastinya ga ada lampu. pasti gelap bgt d.. jd dah pengap, gelap pula.. >.<

Setelah itu diajak ke 1 tempat namanya Temple Institute. ini tempat dimana orang2 Yahudi Ortodox sudah mempersiapkan semua kebutuhan2 peralatan untuk ditaruh di dalam bait suci, jika pada waktunya tiba bait suci yg sekarang sudah dirobohkan itu dibangun kembali. benar2 persiapan yg matang sekali. kaki dian (manorah), alat2 musik yg akan digunakan, bahkan sampai baju efod utk imam jg sudah dibuat. dan semuanya itu persis sama aturannya (bahan dll) spt yg tertulis di kitab taurat.

Abis dr situ keluar dr Yerusalem lagi menuju Laut Mati... sebelum ke laut mati, mampir dulu di satu tempat, namanya Qumeran. di sini tempat komunitas essiani , komunitas pertama yg terima Yesus dan Yohanes Pembaptis, tidak ada perempuan. Nah, di sini ada mgk semacam museum kali ya.. ditemukan semua gulungan kitab dr alkitab, kecuali kitab Ester. sayang sekali karena waktu yg mepet bgt, jd ga sempat masuk d.. malah pada asik belanja smua.. :(

Qumeran letaknya ga jauh dr Laut Mati. jadi bisa dipastikan dari situ langsung ke Laut Mati. Di laut mati dikasih waktu buat yg mau turun untuk cobain mengapung tanpa bisa tenggelam. tapi ya begtulah, yg ada jadinya kelamaan di sana dan ga sempat ke kota Jericho. padahal pengen ke sana.. :( okay, yg sudah terjadi biarlah berlalu, smoga next time klo Tuhan ijinkan ke sana lagi, bisa ke Jericho.. :)

Setelah dr Dead Sea, ke tempat terakhir yg menjadi alasan kenapa ga bisa lama2 juga  di Dead Sea dan ga sempat ke Jericho. Tempat terakhir itu tempat yg ditunggu2 semua orang yg ke Israel, yaitu Upper Room, tempat Yesus mengadakan perjamuan terakhir dengan murid-muridNya dan tempat dimana Roh Kudus dicurahkan setelah Yesus terangkat ke Surga. Di bawahnya Upper Room ini ada makam Raja Daud.

Itu semua (dari part 02-05) adalah tempat2 yg resmi kami kunjungi. Nah pas malam terakhir ini, kira2 kami ber-9 akhirnya pergi sendiri ke 1 tempat lagi, Ben Yehuda. di sana tempat buat beli oleh2 aja sih.. dan krn sudah agak kemaleman, jd dah byk yg tutup. tapi ya oklah, skalian bisa mencicipi burger Israel yg gueedeeee.. rasanya lumayan, tp entah kenapa org sana sptnya tidak pandai mengolah daging sapi ya.. jdnya agak masih bau.. tp cukup ok lah.. :)

So, itulah review dan kesan2 saya selama pergi ke Tanah Perjanjian.. dan ak berdoa supaya Tuhan undang ak lagi suatu hari nanti untuk pergi ke sana bersama pendamping hidupku. ^^ dan aku juga berdoa supaya smua yg membaca ini Tuhan undang juga untuk pergi ke sana. keep pray, friends.. Gbu :)

Tidak ada komentar: