12 April 2012

Tiberias - Holyland Trip (part 03)

Okay.. setelah 2 bulan akhirnya aku lanjutkan posting ini.. hahaha. Part 02 kemarin ini baru seputar Petra ya.. sekarang akan kulanjutkan dengan seputar Israel, dan akan kumulai dari Tiberias dulu.. *buka catatan perjalanan* :p


Pagi2 diawali dengan melihat sunrise di tepi danau galilea dr kamar hotel.. Pemandangan yang bagus dan seperti saat berada di pinggir pantai, terdengar jg suara ombak. :) Dan yg pasti, udaranya dingin.. krn masih musim dingin.. tp terlihat sekali berbeda saat berada di Petra.


Perjalanan pertama ke gereja St.Peter's Prime (klo ga salah), di dlmnya ada mensachristy (artinya Meja Kristus). Ini tempat dimana Yesus menyalakan api dan menyiapkan sarapan untuk murid-muridNya (Yoh 21). Setelah itu lanjut ke Capharnaum. di sana liat batu kilangan n tempat pemerasan anggur. terus juga ada Rumah Ecclesia, gereja pertama di abad 1, rumah mertua Petrus. dan di kompleks itu jg ada sinagoge. nah di atas bekas runtuhan rumah ibu mertua petrus itu dibangun gereja dgn 8 sisi, 8 pilar, yg melambangkan 8 sabda bahagia. nah trus abis itu sempet ke Beatitudes Church (Gereja Sabda Bahagia) dan klo ga salah, semua gereja katolik di sana rata2 dibangun dgn 8 sisi seperti itu dan kiblatnya ke timur. Setelah dari sana, makan siang makan ikan petrus (klo di indo sama aja kyk ikan nila :D).

Setelah makan siang, sempat ke Yardenit juga. Yardenit itu salah satu bagian sungai Yordan yg dipakai buat baptis. Err.. ak sendiri tidak baptis di sana sih, karena bbrp alasan. hahaha. pertama, krn saat itu masih musim dingin, jadi airnya itu dingiiiinn.. kedua, hm.. airnya kotor yah.. hahaha. di sisi kiri agak jauhan dikit itu tempat baptisan akan dilakukan, sementara di sebelah ujuung kanan, ada berang2 berenang, ada lele yg gede2 juga. agak geli ya liatnya. hahaha. :p tp banyak juga yg dibaptis di sana. ada yg baru pertama kali, ada jg yg dah pernah baptis tp baptis lg. it's ok, ga masalah.. :) 
Setelah itu kyknya sih langsung ke Mt. Tabor (Luk 9:28-36), tempat saat Yesus dimuliakan, saat bertemu dengan Musa dan Elia. Agak sedikit lupa, tp dr tempat itu di bawahnya terlihat yang namanya lembah Harmagedon, tempat terjadinya peperangan terakhir nanti (baca kitab Wahyu).

Besoknya, tempat selanjutnya adalah Mount Hermon.. thx God, ketemu salju tapi ga dingin2 banget karena ga ada angin. cuacanya bagus bgt, ga hujan juga. padahal sebelumnya dpt kabar ada tmen yg ke sana cuma beda bbrp hr, ga ktemu salju. hehe. cukup puas di atas sana, naik kursi gantung menikmati pemandangan ada yg main snowboarding. seruu.. :)

Setelah dari Mount Hermon, tempat berikutnya adalah Baniass, tempat pemujaan dewa pan. Di dekat situ ada sisa2 kota kaisarea filipi, tempat dimana Tuhan Yesus bertanya kepada murid-muridNya tentang siapa Dia dan Petrus menjawab kalau Yesus itu Mesias (Luk 9:19-28). Di sanalah nama Simon diubah jadi Petrus, dan di situ juga terdapat mata air yang menjadi salah satu sumber air Sungai Yordan. Setelah itu ke Tabgha, tempat Tuhan Yesus melakukan mujizat 5 roti 2 ikan. Abis itu perjalanan hari itu diakhiri dengan naik perahu di danau Galilea.. :)

Hari selanjutnya, sebelum masuk ke Yerusalem, mengunjungi 2 tempat dulu. Pertama ke Cana Wedding Church, tempat Tuhan Yesus melakukan mujizat pertamaNya, mengubah air menjadi anggur. Waktu di sana, semua yg datang sama pasangannya (suami/istri), ada peneguhan nikah kembali. Dan entah kenapa, saat itu di sana doaku cuma, Tuhan aku mau suatu saat nanti kembali ke sini lagi bersama suamiku kelak dan melakukan peneguhan nikah di situ jg. :)
Nah setelah dr situ, tempat terakhir sebelum masuk ke Yerusalem adalah Gunung Carmel, Murahqa, dimana di sekelilingnya ada lembah megiddo (harmagedon) jg. Tempat ini adalah tempat saat Elia melawan nabi2 baal dan Tuhan menurunkan apiNya (1 Raja2 18:18-44).

Jadi cukup banyak juga ya tempat2 yg dikunjungi di sekitar Tiberias dan perjalanan menuju Yerusalem. smuanya masih daerah Israel, dan seperti yg sudah ak bilang di post sebelum2nya, daerah Israel ini benar2 subur.. :)

.. to be continue, Jerusalem ..
  

Tidak ada komentar: