29 April 2012

Belajar Menjadi Pemimpin Yang Lebih Baik

Baru abis baca postingan2 terdahulu.. beberapa tahun yg lalu, dan ternyata aku menemukan sebuah postingan yg menarik, saat aku baru sekitar 2 bulan menjadi seorang pemimpin...
Jadi di postingan itu, aku menuliskan tentang hal-hal yg aku pelajari selama 2 bulan setelah Tuhan pilih aku untuk menjadi seorang pemimpin. Berikut adalah hal-hal tersebut.

- seorang pemimpin harus bisa menjadi penengah dan tidak berpihak ke sisi mana pun (klo ada).
- seorang pemimpin terkadang harus meninggalkan egonya utk kepentingan bersama.
- seorang pemimpin harus berani utk membela anak buahnya terhadap pemimpin di atasnya jika itu memang benar.
- seorang pemimpin harus mau berubah menjadi lebih baik.
- seorang pemimpin harus menjadi teladan.
- seorang pemimpin dituntut utk menjadi bijaksana n dpt memberikan keputusan yg terbaik utk semua..

Saat ini, berarti sudah 2 tahun lewat (hampir 3 tahun) dari saat itu, ternyata aku masih tetap dalam tahap BELAJAR menjadi seorang pemimpin yg baik.. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak hal yg aku pelajari, dan aku percaya saat ini aku sudah menjadi pemimpin yg lebih baik dr saat itu. Di sini aku mau nambahin beberapa hal lagi yg aku pelajari dalam 2 tahun ini.. 

- seorang pemimpin harus bersedia untuk ditegur dan/atau menerima kritik/masukan baik dr pemimpin di atasnya ataupun dr org yg dipimpin. Istilah lainnya harus RENDAH HATI.
- seorang pemimpin harus mau terus belajar.
- seorang pemimpin tidak cukup hanya memiliki kemampuan untuk memimpin, tetapi juga harus punya kemampuan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang yg dipimpinnya.
- seorang pemimpin harus berani menegur jika ada seseorang yg berlaku salah. tapi ingat, tegurlah dengan KASIH, bukan dengan sikap yg arogan.
- seorang pemimpin harus berani meminta maaf jika melakukan kesalahan. (pemimpin itu masih manusia, masih bisa salah, tp klo salah ya harus berani minta maaf).
- seorang  pemimpin harus bisa mendelegasikan tugas dengan baik ke orang-orang yg dipimpinnya dan harus belajar berani mempercayakan sesuatu kepada mereka.
- seorang pemimpin harus bisa menghargai apa yang telah dicapai/dilakukan oleh orang-orang yg dipimpinnya.
- seorang pemimpin tidak boleh menghakimi tanpa alasan yg jelas dan tidak boleh memojokkan seseorang dengan 'merendahkan diri'nya tapi dgn maksud membuat org tersebut merasa bersalah. 
- seorang pemimpin harus bisa menempatkan diri dengan benar, kapan harus bersikap tegas sebagai pemimpin, kapan harus bisa menjadi teman/sahabat bagi orang yang dipimpinnya. 
- seorang pemimpin tidak bisa/tidak boleh mengharapkan supaya orang yg dipimpinnya menjadi sama persis dengan dirinya. Tidak boleh berpikir bahwa kalau saya bisa, dia harus bisa juga. ingat, setiap orang punya kemampuan dan karakter yang berbeda. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan yang harus dapat diterima oleh pemimpin. 
- seorang pemimpin harus mau keluar dari zona nyaman.
- seorang pemimpin harus mau menyediakan waktu untuk berdoa bagi orang-orang yg dipimpinnya. :)

Dan satu hal lagi.. Pemimpin harus menciptakan/mempersiapkan pemimpin-pemimpin baru.. Kenapa? karena ke depannya belum tentu kita akan terus berada pada posisi tersebut, bisa karena berbagai macam hal dan kalau saat itu tiba, kita sudah siap menyerahkan tongkat estafet itu ke tangan pemimpin selanjutnya.

Maaf kalau mungkin ada yg berpikir aku belum menjadi seorang pemimpin seperti di point-point yg aku sebutkan di atas. Meskipun sudah hampir 3 tahun aku menjadi pemimpin, aku masih tetap dalam proses belajar untuk menjadi seorang pemimpin yg lebih baik lagi.. Dan aku tahu, untuk dapat menjadi semakin lebih baik lagi hanyalah dengan selalu mengandalkan Tuhan dan yg pasti dengan mendapatkan dukungan dari orang-orang yg dipimpinnya. :)

Tidak ada komentar: